Studi: Umumnya Seseorang Butuh Waktu 3 Bulan untuk Move On dari Mantan

  • Whatsapp
Ilustrasi patah hati (Indiespot.id/Pexels: Andrew Wilus)

Indiespot.id-Medan. Setiap orang pasti pernah mengalami patah hati dan putus cinta. Bagaimana pun proses perpisahannya, akan tetap menimbulkan luka dan kepedihan bagi yang merasakannya. Di titik tersebut, tentu kita berupaya untuk bangkit dan segera move on dari pasangan kan?

Sama halnya seperti jatuh cinta, tiap orang juga membutuhkan waktu yang berbeda untuk melupakan pasangan yang selama ini ada untuknya. Mulai dari hitungan hari sampai butuh bertahun-tahun untuk lepas dari bayang-bayang mantan.

Bacaan Lainnya

Tapi, pernahkah kamu bertanya-tanya sebenarnya berapa lama waktu yang diperlukan untuk benar-benar merelakan kepergian seseorang? Melansir Your Tango, sebuah studi yang dimuat dalam Clinical Psychological Science mencatat, umumnya orang perlu waktu tiga bulan untuk merasa lebih baik setelah melalui perpisahan.

Dalam studi tersebut, ilmuwan Gary W. Lewandowski Jr. dan Nicole M. Bizzoco, profesor psikologi di Monmputh University, New Jersey melibatkan 155 mahasiswa yang baru saja mengalami putus cinta dalam 6 bulan terakhir.

Hasilnya, sebanyak 71% dari partisipan ternyata membutuhkan waktu sekitar 11 minggu (kurang lebih 3 bulan) untuk benar-benar move on dari mantan pacarnya.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi cepat lamanya seseorang melupakan mantan kekasihnya. Kepala departemen konseling serta konselor pendidikan di Northern Illinois University Suzanne Degges-White mengungkapkan kondisi perpisahan hingga dampaknya pada ego, kekuatan, dan spirit ikut memberi pengaruh.

“Seringkali, semakin lama Anda berada dalam suatu hubungan dan semakin Anda berkomitmen terhadap hubungan itu, semakin lama Anda siap untuk mulai bertemu orang lain,” ujarnya, melansir laman Prevention. (EA)