Pemprov Sumut Belum Putuskan Kemungkinan Sekolah Tatap Muka di Awal 2021

  • Whatsapp
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (Indiespot.id/Humas Sumut)

Indiespot.id-Medan. Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprov Sumut) masih belum memutuskan untuk setuju atau tidak dalam hal pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah mulai awal 2021.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, rapat koordinasi yang akan membahas kemungkinan tersebut dijadwalkan pada Kamis (31/12).

Bacaan Lainnya

“Satgas Penanganan Covid-19 Sumut masih akan melakukan rapat koordinasi dengan tokoh-tokoh pendidikan, masyarakat, maupun ahli kesehatan dan anak untuk membahas kemungkinan atau alternatif terbaik dalam rencana sekolah tatap muka,” kata Edy, Selasa (29/12).

“Yang pasti hingga saat ini, saya sebagai Gubernur Sumut belum mengizinkan sekolah tatap muka itu dengan alasan untuk kepentingan menjaga penularan Covid-19,” tegasnya.

Edy paham dan mengerti jika pendidikan merupakan aspek yang sangat penting untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang kompeten. Tapi menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, aspek kesehatan terlebih untuk anak-anak harus menjadi prioritas penanganan.

Lebih lanjut, Gubernur menuturkan jika ia telah menyampaikan keputusan Pemprov Sumut itu ke bupati/wali kota se-Sumut meski secara virtual. Para bupati/wali kota diminta untuk menyiapkan segala sesuatunya untuk menjalankan protokol kesehatan di sekolah, seperti penyediaan sarana cuci tangan dan jaminan guru tidak terpapar Covid-19.

“Sekolah tatap muka juga hanya dibolehkan di kabupaten/kota yang sudah masuk zona hijau,” tegas Edy Rahmayadi. (EA)