Presiden Lantik 6 Menteri dan 5 Wakil Menteri Baru di Istana Negara

  • Whatsapp
Enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju resmi dilantik hari ini (Indiespot.id/Biro Pers Setneg)

Indiespot.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri dan 5 wakil menteri (wamen) Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu (23/11).

Pelantikan menteri baru tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No 133/P tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 tertanggal 23 Desember 2020.

Bacaan Lainnya

Adapun keenam menteri yang dilantik hari ini ialah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial, Sandiaga Uno sebagai Menteri Parekfraf, Yaqut Cholil Quomas sebagai Menteri Agama,  Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, dan Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Selanjutnya, Jokowi melantik lima orang wakil menteri, yaitu Muhammad Herindra sebagai Wamen Pertahanan, Edward Omar Syarif Hiariej sebagai Wamen Hukum dan Hak Asasi Manusia, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wamen Kesehatan, Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wamen Pertanian, dan Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wamen BUMN I.

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No 76/M tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 tertanggal 23 Desember 2020.

Jokowi kemudian memimpin sumpah jabatan, yang kemudian diikuti 6 menteri dan 5 wakil menteri. Mereke bersumbah agar menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian sumpah jabatan dibacakan Presiden Joko Widodo dan diikuti para menteri dan wakil menteri.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian sumpah tersebut diucapkan.

Dalam pelantikan ini, Jokowi menambah tiga jabatan wakil menteri di kabinet Indonesia Maju. Tiga jabatan baru itu antara lain, Wakil Menteri Kesehatan, Wakil Menteri Pertanian, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM.

Pelantikan menteri dan wakil menteri dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Tampak hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator bidang Pembangungan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan tamu undangan dalam jumlah terbatas lainnya dalam pelantikan hari ini. (EA)

Pos terkait