Muryanto Amin Terpilih Jadi Rektor USU 2021-2026

  • Whatsapp
Rektor USU Terpilih Dr Muryanto Amin terbukti melakukan self-plagiarism
Dr Muryanto Amin terbukti melakukan self-plagiarism (Indiespot.id/FISIP USU)

Indiespot.id-Medan. Dr Muryanto Amin ditetapkan sebagai Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026. Terpilihnya Muryanto akan menggantikan Prof Runtung Sitepu.

Penetapan itu didasarkan pada hasil sidang pemilihan dan penetapan yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) USU di Kantor Kementerian Pendidikan (Gedung Pendidikan Tinggi), Jakarta, Kamis (3/12). Di mana Muryanto unggul dengan 18 suara (57,75 persen) dari dua pesaingnya, yakni Prof Farhat dan Prof Arif Nasution.

Bacaan Lainnya

MWA USU terdiri dari 8 orang wakil Senat Akademik, 10 orang wakil masyarakat, dan 3 orang ex officio, yaitu Rektor USU, Gubernur Sumut, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Hasil perhitungan suara pemilihan Rektor USU 2021-2026 (Indiespot.id/Istimewa)

Sidang pemilihan dan penetapan rektor USU ini dihadiri seluruh anggota MWA. Di mana Direktur Jenderal Dikti Muhammad Nizam mewakili Mendikbud dan Sekretaris Daerah Sumut Sabrina mewakili gubernur.

Dr Muryanto Amin lahir di Medan 30 September 1974. Ia merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) USU angkatan ’92. Muryanto melanjutkan pendidikannya ke jenjang magister dan doktor Ilmu Politik di Universitas Indonesia. Kini beliau menjabat sebagai Dekan FISIP USU.

“Saya akan menjadikan USU Univeristas kelas dunia yang menghasilkan lulusan yang berkarater keindonesiaan dan bermoral tinggi,” tutur Muryanto.

Pemilihan Rektor USU sudah dimulai dimulai sejak Oktober lalu diawali dengan pemilihan anggota MWA wakil masyarakat. Selanjutnya pendaftaran calon rektor dibuka pada 6 November 2020 dan terdapat 7 orang pendaftar, yakni 6 dari USU dan 1 dari luar USU. (EA)