Instagram Rilis Live Room, Kini Pengguna Dapat Siaran Langsung dengan 4 Orang Sekaligus

  • Whatsapp
Instagram merilis fitur Live Rooms yang memungkinkan pengguna untuk siaran IG Live hingga 4 orang (Indiespot.id/Instagram)

Indiespot.id-Medan. Instagram kembali menghadirkan fitur baru untuk meningkatkan kepuasan penggunanya. Kali ini, Instagram merilis ‘Live Rooms’ yang memungkinkan penggunanya melakukan siaran langsung atau live dengan hingga empat orang sekaligus.

Instagram menyebut, Indonesia merupakan negara pertama yang merilis fitur Live Rooms.

Bacaan Lainnya

“Kami menghadirkan fitur Live Rooms di Indonesia agar dapat membuka ruang bagi para pengguna dan kreator di negara ini untuk terus berkreasi dan menyebarkan konten-konten positif di platform kami,” ungkap Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/12).

Lewat fitur ini, Instagram ingin membantu pengguna dalam mengekspresikan diri secara lebih baik lagi. Pieter pun menyebut, Instagram berharap penggunanya dapat semakin kreatif dalam berkreasi di Instagram Live.

“Sehingga mereka bisa berkreasi lebih kreatif dalam membuat dan menghadirkan konten seru yang positif dan inspiratif melalui format lebih beragam seperti talkshowpodcast, sesi tanya jawab, ataupun berbincang ringan,” imbuhnya.

Kehadiran fitur Live Room bukan tanpa alasan. Di tengah pandemi Covid-19, Instagram melihat terdapat tren peningkatan siaran langsung lewat Instagram Live pada penggunanya.

“Kami sangat terinspirasi dengan kreativitas pengguna dalam memanfaatkan fitur tersebut untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, kerabat, maupun audiens mereka di tengah masa pandemi ini,” terangnya.

Instagram mengatakan bahwa Live Rooms dibekali dengan fitur keamanan. Dengan adanya fitur keamanan ini, pengguna dapat menyembunyikan komentar negatif saat Live Streaming berlangsung.

Selain itu, jika host memblokir pengguna tertentu, mereka tidak akan dapat mengajukan permohonan untuk bergabung di Live Rooms, meskipun pengguna tersebut tidak diblokir oleh pengguna lainnya.

Pengguna Instagram yang sebelumnya tidak dapat menggunakan fitur Live karena melanggar Pedoman Komunitas Instagram, juga tidak akan dapat bergabung dalam Live Rooms.

Live Room telah tersedia untuk pengguna Indonesia baik berbasis Android maupun iOS. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna terlebih dahulu mengunduh Instagram versi terbaru.

Selain di Indonesia, Live Rooms juga akan diluncurkan secara bertahap bagi pengguna India. Dalam beberapa bulan ke depan, fitur ini akan tersedia bagi seluruh pengguna Instagram secara global. (EA)