Motivasi Gubsu Sambut Kehadiran Bank Sampah Pertama Dikelola Masjid

  • Whatsapp

Indiespot.id-Medan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengaku cukup mengapresiasi inisiatif dari masyarakat untuk mengatasi persoalan sampah yang ada di daerahnya.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Masjid Ar-Rivai yang berada di Jalan Sisingamangaraja, mereka yang tergabung di BKM menjadi yang pertama di Medan, berinisiatif membentuk sebuah bank sampah yang dikelola oleh masjid.

Bacaan Lainnya

“Pengelolaan sampah oleh masyarakat di Sumut itu masih 21%. Kita tentu berharap semakin banyak masyarakat atau lembaga yang melakukan kegiatan pengelolaan sampah, dan ini masjid pertama di Sumut yang mengelola sampah. Di Sumut ada sekitar 2.400 masjid. Bila semua masjid melakukan hal yang sama, tentu akan sangat membantu pemerintah mengurangi masalah sampah,” ujar Gubsu saat meresmikan bank sampah.

Gubernur berharap masyarakat lainnya termotivasi memanfaatkan bank sampah, karena dengan adanya bank sampah maka sampah bisa diubah menjadi barang bernilai ekonomi. Dengan begitu, selain menghasilkan nilai ekonomi, lingkungan juga terjaga kebersihannya.

“Saya pribadi tentunya berharap, gagasan ini bisa memotivasi kelompok masyarakat lainnya, khususnya di rumah-rumah ibadah untuk ikut serta mengelola Bank Sampah sebagai bagian dari upaya untuk melestarikan lingkungan,” ujar mantan Ketua PSSI itu.

Seperti yang diketahui, BKM Masjid Ar-Rivai telah menggabungkan bank sampah dengan program ATM Beras yang sudah berjalan selama 9 bulan. Ada 70 jemaah yang saat ini mengikuti program ATM Beras dan 70 jemaah tersebut wajib memberikan sampah kepada pengurus.(E4)