Kian Tren Berpelukan dengan Sapi, Ternyata Bantu Mengurangi Stres

  • Whatsapp
Tren Koe knuffelen (Indiespot.id/Facebook: Koe Knuffelen)

Indiespot.id-Medan. Pandemi Covid-19 meningatkan angka stres di kalangan masyarat. Banyak hal yang dilakukan untuk mengatasi hal itu, seperti di Belanda, muncul tren unik yang disebut ‘koe knuffelen’.

Koe knuffelen diartikan sebagai memeluk sapi untuk menenangkan diri. Belakangan ini, warga di Negeri Kincir Angin itu ramai-ramai mengunjungi peternakan untuk menghabiskan waktu hingga berjam-jam memeluk sapi.

Bacaan Lainnya

Bagi sebagian orang, tren ini terdengar aneh bahkan menggelikan. Namun faktanya hal itu memang menimbulkan perasaan tenang sebab tubuh sapi yang hangat dan berukuran besar.

Dilansir dari BBC, Cuddling dengan sapi dipercaya bisa mendukung positivisme dan mengurangi stres dengan mendorong oksitosin dalam diri manusia, hormon yang meningkatkan ikatan sosial.

Dikatakan jika memeluk, mengelus, bersandar pada sapi bahkan dijilat dapat sangat menenangkan karena suhu tubuh hangat dan detak jantung mereka yang lebih lambat.

Tak hanya positif bagi manusia, tren koe knuffelen ini juga memiliki manfaat bagi sapi itu sendiri. Berdasarkan penelitian yang dipublikasi di jurnal Applied Animal Behaviour Science diketahu