Jaga Kelestarian Orangutan, BDLHK Pematang Siantar Gelar Pelatihan Survei Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan

  • Whatsapp

Indiespot.id-Medan. Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pematang Siantar bekerjasama dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) menyelenggarakan Pelatihan Survei Kepadatan dan Monitoring Populasi Orangutan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari (19-24/10) di Ecolodge Bukit Lawang, Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Sumatra Utara guna memberikan pembekalan kepada para tenaga konservasi orangutan dalam melakukan survei dan monitoring populasi orangutan sesuai dengan standar dan pedoman yang berlaku.

Bacaan Lainnya

“Pelatihan Survei Kepadatan dan monitoring populasi orangutan dilakukan mendukung peran pemangku kepentingan terkait pengelolaan orangtan baik di kawasan hutan maupun penggunaan lain yang merupakan habitat orangutan,” kata Plt. Kepala Pusat Diklat SDM LHK Mariana Lubis dalam sambutannya.

Dalam 10 tahun terakhir, berbagai program konservasi orangutan terus berjalan untuk memastikan orangutan tetap lestari. Lewat pelatihan ini diharapkan juga menjadi pintu masuk dalam mengembangkan dan memperkuat tenaga ganis di berbagai bidang kehutanan dan lingkungan hidup.

Tak hanya sekadar memberikan teori, pelatihan ini juga melaksanakan penugasan, simulasi dan praktek kepada seluruh peserta. Kegiatan ini pun mendapat apresiasi dari Direktur Konservasi Yayasan Ekosistem Lestari M. Yakob Ishadamy karena dianggap inisiatif dan membuat kegiatan kolaborasi dengan baik.

Pelatihan ini melibatkan 24 peserta yang berasal dari aparatur dan non aparatur yang berasal dari UPT Direktorat Jenderal KSDAE, Dinas Kehutanan Provinsi dan UPTD, Perguruan Tinggi, serta lembaga yang menangani konservasi Orangutan.