Brimob Polda Sumut Evakuasi Korban Banjir di Binjai

  • Whatsapp
Pasca hujan deras Rabu (30/9) dini hari tadi yang melanda Kota Binjai menyebabkan Sungai Bangkatan meluap. Luapan air sungai menyebabkan ratusan rumah warga terendam banjir.
indiespot.id – Binjai, Hujan yang mengguyur Kota Binjai mengakibatkan aliran sungai Bangkatan meluap dan sedikitnya ratusan rumah warga terendam banjir.
 
Merespon kejadian tersebut, Personel Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Sumut dikerahkan guna membantu korban banjir di 2 Kecamatan yang terdapat di Kota Binjai, Sumatera Utara, Rabu(30/09).
 
“Personel yang dikerahkan untuk penanggulangan dan melakukan evakuasi terdiri 2 tim, di pimpin Danki 4 Yon-A AKP Sardi. Setiap tim ada 15 personil,” terang Danyon A Sat Brimob Polda Sumut Kompol Berhard L. Malau, S.I.K.
 
Danyon A Brimob Polda Sumut juga mengatakan, sebelumnya, Kota Binjai tadi malam Selasa 29 September 2020 dilanda hujan cukup deras.
Peristiwa tersebut mengakibatkan tanggul di pembatas sungai roboh sehingga terjadi banjir dan merendam rumah serta kendaraan warga.
“Informasi yang dihimpun melalui warga setempat, ada 2 Kecamatan yang dilanda banjir, yaitu Kecamatan Binjai Kota dan Kecamatan Binjai Selatan, dan sedikitnya merendam 100 rumah warga yang beranda di bantaran sungai,” paparnya.
 
Menerima informasi tersebut, Rabu (30/09) pagi, dua unit Tim Siaga Aman Nusa II SAR dari Batalyon A Pelopor Brimob Polda Sumut dengan dipimpin AKP Sardi Danki 4 Yon-A langsung dikerahkan ke lokasi untuk membantu penanganan.
 
Danyon A Kompol Berhard L Malau, S.I.K. juga menerangkan, bahwa Banjir yang saat ini merendam hampir 100 rumah warga mencapai ketinggian 2 meter.
 
“Saat ini, anggota bersama masyarakat masih mengevakuasi serta lakukan pembersihan area yang terdampak oleh lumpur, sampah dan membersihkan aliran sungai agar cepat surut,”
“Semoga semuanya dapat diselesaikan dengan baik, sehingga tidak mengganggu kegiatan perekonomian masyarakat,” kata Danyon A Brimob Sumut.