6 Tips Atasi Kebiasaan Overthinking

  • Whatsapp
Tips atasi kebiasaan overthinking (Indiespot.id/Pexels)

Indiespot.id-Medan. Apakah kamu termasuk orang yang suka berpikir panjang, lama, bahkan berlebihan? Jika iya, bisa jadi kamu termasuk orang yang overthinking. Tapi, jangan sampai salah mengartikan dengan sifat pemikir ya.

Orang yang memiliki sifat pemikir cenderung memikirkan hal-hal yang memang perlu dipikirkan. Sedangkan orang yang overthinking biasanya suka menghabiskan waktu berjam-jam untuk memikirkan hal sepele atau belum tentu bermanfaat yang sebenarnya juga belum tentu akan terjadi.

Bacaan Lainnya

Overthinking dapat disebabkan oleh dua hal, pertama adalah pemikiran tentang masa lalu. Mungkin kamu memiliki penyesalan di masa lalu yang belum terselesaikan atau menyebabkan kamu susah untuk move on dari hal tersebut. Penyebab yang kedua adalah kamu terlalu cemas tentang hal yang terjadi di masa depan.

Memikirkan segala sesuatu secara berlebihan hanya akan merugikan diri kamu sendiri, baik rugi waktu maupun energi yang akan terkuras. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, berikut Indiespot rangkum dari berbagai sumber, tips untuk mengurangi sifat overthinking.

1. Tulis Daftar Masalah yang Mengganggu Pikiranmu.

Tulis Daftar Masalah yang Mengganggu Pikiranmu (Indiespot.id/Freepik)

Tips pertama yang dapat kamu lakukan, tuliskan hal-hal yang selama ini membuatmu overthinking baik masalah pekerjaan, hubungan, keluarga atau lainnya. Kemudian kamu baca satu per satu dan temukan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu kamu pikirkan dan coret dari daftar tersebut. Ini akan membantumu untuk mengefektifkan dan membuat pikiran jadi lebih santai dalam menghadapi masalah.

2. Cobalah Untuk Berpikiran Terbuka.

Cobalah Untuk Berpikiran Terbuka (Indiespot.id/Pexels)

Untuk mengatasi sifat overthinking, kamu perlu menerapkan berpikir secara terbuka atau open minded. Membuka pikiran bisa membantumu mencari solusi dari pemasalahan yang ada. Kamu juga perlu melihat masalah yang sedang kamu hadapi dari sudut pandang lain.

Kamu harus membuang jauh-jauh pikiran negatif dan menggantinya dengan memikirkan hal positif. Dengan begitu, kamu dapat membantu diri sendiri untuk melupakan pikiran yang tidak penting.

3. Luangkan Waktu Untuk Bertukar Pikiran dengan Orang Lain.

Luangkan Waktu Untuk Bertukar Pikiran dengan Orang Lain (Indiespot.id/Pexels)

Sebagai makhluk sosial, sejatinya manusia membutuhkan orang lain di kehidupannya. Salah satunya untuk mengatasi masalah, bertukar pikiran dan menerima pendapat dari orang lain ternyata dapat meminimalisir overthinking.

Overthinking yang kita alami bisa saja terjadi karena terlalu sering memendam perasaan dan pikiran sendiri. Tidak hanya itu, saling bertukar pikiran juga dapat membuatmu menemukan solusi dari penyebab overthinkingmu.

4. Lakukan Sesuatu yang Belum Pernah kamu Coba Sebelumnya.

Lakukan Sesuatu yang Belum Pernah kamu Coba Sebelumnya. (Indiespot.id/Freepik)

Mengalihkan perhatian merupakan cara tepat bagi kamu yang suka overthinking. Kamu bisa mencoba kegiatan baru yang belum pernah kamu pikirkan untuk lakukan sebelumnya. Misalnya melukis atau belajar alat musik, berpetualang dengan teman, bergabung menjadi relawan di kegiatan sosial, atau hal-hal bermanfaat lainnya.

5. Tantang Ketakutanmu Sendiri.

Tantang Ketakutanmu Sendiri (Indiespot.id/Pexels)

Overthinking yang kamu alami merupakan hasil dari kecemasan atau takut yang kamu terus pikirkan. Rasa takut itu dapat menghambat keberhasilanmu karena kamu tidak bisa mempertimbangkan hal lain akibat terus memikirkan hal-hal yang membuatmu takut untuk mengambil langkah.

Kamu harus menantang ketakutanmu itu dan memberi reward untuk dirimu sendiri jika kamu berhasil melawannya. Dengan begitu, kamu tak akan tenggelam dalam rasa takut yang berlarut-larut.

6. Konsultasi dengan Psikolog 

Konsultasi dengan Psikolog (Indiespot.id/Pexels)

Jika kamu merasa tidak bisa mengendalikan sifat overthinkingmu dengan sendiri atau bantuan orang-orang terdekatmu, kamu dapat meminta bantuan psikolog. Berkonsultasi dengan psikolog bukan berarti kamu mengalami gangguan mental. Namun, dengan berkonsultasi orang yang ahli dibidangnya, kamu akan menemukan solusi dari permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Nah, itu dia 6 tips untuk mengatasi overthinking yang mungkin sedang kamu rasakan. Buang pikiran negatifmu dari sekarang dan semoga berhasil! (EA)

Pos terkait