Polri Sebut Pengungkapan Lab 1,2 Ton Ganja di Malang Terbesar Se-Indonesia

  • Whatsapp
Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada. (Dok. humas.polri.go.id)

INDIESPOT.ID, Jakarta – Bareskrim Polri membongkar lab rahasia ganja sintetis di Kota Malang, Jawa Timur. Lab ganja sintetis itu disebut terbesar di Indonesia.

“Jadi kenapa ini disebut terbesar di Indonesia, karena 1,2 ton sinte ini adalah yang terbesar kami ungkap di Indonesia,” kata Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada, kepada wartawan Kamis (4/7/2024).

Bacaan Lainnya
Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada. (Dok. humas.polri.go.id)

Lab rahasia ganja sintetis ini berada di sebuah rumah di Jl Bukit Barisan, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Dari lokasi tersebut, Bareskrim Polri menyita 1,2 ton ganja sintetis siap edar dan bahan baku setara 2 ton yang siap diproduksi di rumah itu.

“Barang bukti yang diamankan yakni ganja sintetis seberat 1,2 ton, 25 ribu butir pil ekstasi, 25 ribu butir pil Xanax,” ungkap Wahyu

“Kami juga menemukan 40 kilogram bahan baku yang setara dengan 2 ton produk jadi. Total zat kimia yang kami amankan bisa diproduksi menjadi 2,1 juta butir pil ekstasi,” ujarnya

Tidak hanya itu, polisi juga menemukan sejumlah peralatan yang digunakan untuk memproduksi ganja sintetis dan produk narkoba lainnya di rumah tersebut. Di antaranya adalah mesin pencacah.

“Selain itu, di dalam pabrik narkoba tersebut juga ditemukan adanya mesin pencacah, mesin pencetak, mesin pemanas, beserta cooler-nya,” katanya. (Dim/Rel/humas.polri.go.id)

Pos terkait