Komplotan Pencuri Lembu di Labuhanbatu Beraksi Menggunakan Pikap, 3 Pelaku Ditangkap

  • Whatsapp
Tiga orang kawanan pelaku pencurian hewan ternak kerbau yang beraksi di Jalan Taruna, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu. (Istimewa)

INDIESPOT.ID,  Kabupaten Labuhanbatu – Kompolotan pencuri lembu di Labuhan Batu, Sumatera Utara beraksi menggunakan mobil pikap. Polisi kemudian menyelidiki kasus ini dan menangkap 3 pelaku berinisial SS (50), AW (26) dan IY (30).

Kasi Humas Polres Asahan, Iptu Parlando Napitupulu mengatakan awalnya pelaku menjalankan aksinya di rumah korban yang berada di di Jalan Taruna, Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Rantau Utara, Labuhanbatu, Jum’at (29/9/2023), sekira pukul 02.00 WIB. Mereka beraksi dikomandoi pelaku Iwan Bohai yang kini jadi buronan polisi.

Bacaan Lainnya

Kata Parlando saat mencuri pelaku memiliki peran yang berbeda-beda. SS berperan sebagai informan, yang mencari tahu lokasi lembu.

“R menggiring lembu agar berjalan keluar, sedangkan IY menarik- menarik dan menaikan lembu ke atas mobil truk pikap,” ujar Parlando dikutip dari humas.polri.go.id Rabu (11/10/2023).

Setelah lembu dijual ke Medan oleh pelaku IY yang pergi bersama dua pelaku yang juga buron Ateng dan Ipin. Lembu kemudian berhasil dijual seharga Rp13 juta.

“(Lalu) Pelaku Ateng kemudian memberikan uang Rp 5 juta kepada IY, sisanya untuk Ateng dan Ipin. Usai menerima Rp 5 juta, IY mengirimkan Rp 4,2 juta ke Iwan Bohai melalui BRI Link,” ungkap Parlando.

Kata Parlando aksi ketiganya terungkap lantaran terekam kamera CCTV. Lalu pada Selasa (3/10/2023) pukul 03.00 WIB ketiga pelaku berhasil ditangkap.

“Polres Labuhanbatu berhasil mengamankan 3 pelaku dari kediamannya masing-masing (di Labuhanbatu) berikut barang bukti berupa 1 utas tali tambang dan 1 rekaman video CCTV,” ujar Parlando.

Kini polisi terus memburu pelaku lainnya, terhadap 3 pelaku disangkakan dengan Pasal 363 Ayat (1) ke 1 dan ke 4 jo Pasal 56 dari KUHPidana. Ancaman hukuman selama-lamanya 7 tahun penjara. (Dim)

Pos terkait