Banjir Melanda Kabupaten Sula Sebanyak 50 Rumah Terendam

  • Whatsapp
Kondisi banjir yang melanda salah satu kecamatan di Kabupaten Sula, Maluku Utara. (Dok. bnpb.go.id)

INDIESPOT.ID, Kabupaten Sula – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi pada Jumat, (14/7) Pukul 11.00 WIT menyebabkan banjir di Kabupaten Sula, Provinsi Maluku Utara.

Data dari Pusdalops BNPB menyebutkan wilayah terdampak berada Kecamatan Mangoli Timur, Desa Waitina.

Bacaan Lainnya

Akibat banjir tersebut sebanyak 69 KK dan 238 jiwa terdampak.

BPBD Kab Sula melaporkan Kerugian material akibat banjir dengan tinggi muka air antara 40 hingga 50 cm menyebabkan 50 rumah terendam.

Upaya Penanganan bencana banjir dilakukan oleh Tim BPBD Kab Sula ke lokasi kejadian membantu mengevakuasi warga, barang-barang serta melakukan pendataan rumah terdampak dan kebutuhan mendesak.

Informasi terkini dari BPBD Kab Sula pada Jumat (14/7) banjir sudah berangsur surut.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis informasi prakiraan cuaca melalui laman websitenya. Untuk wilayah Kabupaten Sula pada Sabtu, (15/7) hujan ringan dan berawan sedangkan pada Minggu (16/7) cuaca cenderung berawan.

Mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah untuk selalu waspada apabila curah hujan tinggi dengan durasi diatas satu jam. Pastikan saluran drainase bekerja optimal dan lakukan pengecekan secara berkala. (Dim/Rel)

Pos terkait