Apes, Penipu Modus Giveaway Baim Wong Ditangkap Gara-gara Knalpot Motornya Brong

  • Whatsapp
Tersangka berinisial IS (20) di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara ditangkap Satreskrim Polres Tanjung Balai, Menipu online menggunakan modus giveaway artis Baim Wong Rabu (28/6/2023). (Istimewa)

INDIESPOT.ID, Kota Tanjung Balai – Pemuda inisial IS (20) di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara ditangkap menipu online menggunakan modus giveaway artis Baim Wong Rabu (28/6/2023) pukul 23.00. Awal mula pelaku diciduk lantaran tersangkut masalah knalpot motor brong.

Kasat Reskrim Polres Tanjung Balai, AKP Eri Prasetiyo mengatakan, IS diringkus di Jalan Jendral Sudirman Km 3, Kota Tanjung Balai. Mulanya polisi sedang berpatroli dan melihat IS mengendarai motor Honda Beat dengan knalpot brong. Polisi lalu pmengejarnya.

Bacaan Lainnya

“Maksudnya untuk memberhentikan dan untuk menegur karena menggunakan knalpot brong,” ujar Eri dalam keterangannya, Minggu (2/7/2023).

Barang bukti yang digunakan pelaku penipuan online turut diamankan Satreskrim Polres Tanjung Balai. (Istimewa)

Saat ditangkap polisi lalu memeriksa barang bawaan IS, ketika digeledah smartphone IS berbunyi, ternyata berisi pesan, korban giveaway Baim Wong, yang terperangkap. Polisi lalu menyuruh IS membuka handphone Whatsapp business, galeri dan Facebooknya.

“Kemudian didapati bahwa IS telah melakukan dugaan penipuan dengan modus giveaway Baim Wong dan telah ada beberapa orang yang melakukan transaksi dengan mengirimkan uang kepada IS,” Kata Eri

Polisi kemudian menggeledah rumah IS di Kelurahan Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai. Polisi kemudian menemukan perangkat untuk menipu korban. Mulai 2 smartphone puluhan nomor simcard handphone, lalu juga disita satu buku tabungan.

Dari penyelidikan modus IS awalnya membuat grip Facebook dengan nama  BossQue, foto grup menampilkan keluarga Baim Wong. Di kolom IS juga memberikan pertanyaan seputar kepribadian Baim Wong

“Info halaman tersebut dibuat dengan tulisan ‘Follow & Share lalu kirim jawaban anda ke nomor whatsapp 0838-3229-3260 semoga beruntung !,  Kemudian mengupload konten-konten dengan foto dan video berisikan Baim Wong disertai dengan narasi kalimat ‘FOLLOW AJA BOSQUE BERBAGAI HADIAH UANG TUNAI’,” ujar Eri

Selanjutnya ujar Eri, korban yang percaya akan langsung menchatting nomor Whatsapp IS. Disitulah, IS mengajukan pertanyaan ke korban, saat  berhasil menjawab IS menjanjikan uang tunai jutaan rupiah. Namun korban diwajibkan membayar biaya administrasi.

“Dengan cara mengirimkan sejumlah uang yang berbeda-beda, yakni mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta, yang nantinya uang tersebut (dijanjikan) akan dikembalikan ditambah dengan uang hadiah,” kata Eri Setelah mengirimkan uang administrasi, IS juga menagih biaya pajak.

“Apabila si korban percaya dan mengirimkan kembali sejumlah uang, selanjutnya nomornya langsung diblokir dan komunikasi terputus. Ada beberapa orang korban melakukan pentransferan sejumlah uang yang bervariasi ke rekening milik terlapor (IS). Atas tindakannya pelaku melanggar Pasal 50 Jo Pasal 34 ayat (1) dari UU RI No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik,” ujar Eri. (Dim)

Pos terkait