Respon Yudi Purnomo Soal Jabatan Pimpinan KPK Diperpanjang Jadi 5 Tahun

  • Whatsapp
Mantan Ketua WP KPK Yudi Purnomo. (Istimewa)

INDIESPOT.ID, Medan – Mantan Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo Harahap angkat bicara soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memperpanjang jabatan Pimpinan KPK dari sebelum ha 4 tahun menjadi 5 tahun.

Menurutnya masa jabatan pimpinan KPK itu seharusnya untuk periode berikutnya.

Bacaan Lainnya

“Sebab pimpinan ini ketika dulu dilantik untuk masa jabatan 4 tahun sehingga ketika ada gugatan perpanjangan itu tidak bisa berlaku surut, ” ujar Yudi dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023)

Yudi juga mengomentari gugatan Nurul Gufron mengenai batas usia pemilihan pimpinan KPK. Dia menilai batas usia juga berlakunya pimpinan KPK.

“Apalagi KPK menerima gugatan Nurul Gufron mengenai batas 50 tahun sehingga bisa mendaftar lagi walau dia belum umur 50 ketika tahun 2023 ini ada pemilihan pimpinan KPK,” ujar Yudi.

“Sehingga bisa dibaca jika perpanjangan itu untuk pimpinan sekarang, ngapain MK mengabulkan memperjangan masa jabatan jadi 5 tahun, apalagi ingat bahwa gugatannya adalah masa jabatan dari 4 tahun menjadi 5 tahun, bukan menambah 1 tahun,” tandasnya.

Yudi juga berharap bahwa putusan MK tersebut merupakan dukungan terhadap pemberantasan korupsi.

“Sepanjang itu adalah untuk periode berikutnya sehingga pemilihan pimpinan KPK nanti untuk 5 tahun bukan 4 tahun,” katanya.

“Apalagi saat ini Presiden Jokowi melalui Mensesneg menyampaikan kepada publik akan membentuk Pansel. Saya berharap bahwa orang orang baik dan berintegritas mau mendaftar menjadi calon pimpinan KPK,” tutupnya. (Dim)

Pos terkait