Kemenpora Gelar Kirab Juara untuk Apresiasi Perjuangan Pahlawan Olahraga Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja

  • Whatsapp
Apresiasi tinggi diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo kepada para atlet Indonesia yang telah berjuang dan berprestasi di SEA Games 2023 Kamboja. (Dok. egan/kemenpora.go.id)

INDIESPOT.ID, Jakarta – Apresiasi tinggi diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo kepada para atlet Indonesia yang telah berjuang dan berprestasi di SEA Games 2023 Kamboja.

Sebagai bentuk apresiasi tersebut, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) akan menggelar ‘Kirab Juara’ yang akan diikuti  oleh atlet-atlet Indonesia yang telah berjuang di SEA Games 2023 Kamboja. Acara sendiri akan dilaksanakan hari Jumat (19/5), pukul 08.00 WIB, dengan titik start dari kantor Kemenpora.

Bacaan Lainnya

Rencananya para atlet yang mengikuti pawai tersebut akan diarak mulai dari rute kantor Kemenpora-Bundaran Hotel Indonesia (HI)- Gelora Bung Karno (GBK)

Menpora Dito mengatakan Pawai Juara ini sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih pemerintah kepada para atlet Indonesia yang sudah berjuang memberikan terbaik untuk mengharumkan nama bangsa di ajang SEA Games 2023 Kamboja lalu.

” Acara pawai juara ini sebagai bentuk terima kasih kami terhadap pejuang olahraga kita di SEA Games 2023 Kamboja. Acara ini sebagai terima kasih kepada para pejuang olah raga kita yang sudah memberikan yang terbaik,” ujar Menpora Dito

Menpora juga mengatakan pawai ini adalah moment kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. “Di pawai ini kita bisa tegak berdiri dengan kebanggaan Merah Putih di dada. Keyakinan dan semangat akan potensi para atlet pejuang, diatas segalanya. Mereka semua yang membuat kita semua yakin bahwa kita memang bisa berprestasi untuk kemajuan olahraga Indonesia,” kata Menpora Dito.

Capaian tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja dipastikan melampaui target perolehan medali. Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta pasukan Merah Putih membawa pulang sedikitnya 69 medali emas.

Kontingen Indonesia pun terpacu dan termotivasi, hingga akhirnya mampu melampaui target medali dengan total jumlah  perolehan 276 medali dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Ini merupakan pencapaian SEA Games terbaik dalam enam edisi SEA Games terakhir. Sejak SEA Games 2013, perolehan medali emas Indonesia tak pernah menyentuh angka 80.

Puncak membanggakan, sepak bola akhirnya menutup perjuangan manis kontingen Indonesia. Timnas Indonesia mampu mendapatkan emas usai membungkan Thailand 5-2. Emas ini terasa spesial karena sebelumnya Indonesia harus menunggu 32 tahun lamanya.(amr)

Berikut Jadwal Kirab Juara

08.00 – 08.30 Semua kontingen & undangan berkumpul di area halaman kantor Kemenpora
08.30 – 08.40 Pembukaan oleh MC & menyanyikan lagu Indonesia Raya
08.40 – 08.45 Sambutan / pembukaan oleh Menpora
08.45 – 08.55 Persiapan berangkat
08.55 – 09.30 Start jalan rute Kemenpora – Bunderan HI – GBK

(Dim/Rel/kemenpora.go.id)

Pos terkait