5 Cara yang Bisa Kamu Coba saat Menghadapi Orang yang Suka Cari Perhatian

  • Whatsapp
Ilustrasi meluluhkan cewek yang gengsinya selangit. (Dok freepik)

INDIESPOT.ID, Medan – Kamu pasti pernah menemui orang yang suka cari perhatian atau yang dikenal dengan istilaj caper. Biasanya orang yang caper ini tujuannya sih ingin mendapatkan atensi dari orang sekitar agar dipuji secara berlebihan. Mereka membutuhkan validasi lebih banyak dan lebih sering dari orang lain.

Maka dari itu, orang yang caper biasanya sih nggak segan untuk melakukan apa saja asal mereka memperoleh perhatian dari banyak orang. Karena sikap mereka yang begitu banyak yang merasa risih dengan keberadaan orang caper di lingkungannya. Mungkin kamu salah satu orang yang merasakan hal sama.

Bacaan Lainnya

Nah, kalau kamu mengalami keresahan itu dan merasa nggak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena harus bertemu dengan attention seeker, nggak perlu bingung mengahadapinya. Kamu bisa coba cari ini untuk menghadapi orang yang suka cari perhatian. Keep reading!

1. Beri perhatian sewajarnya

Saat orang caper berhasil mendapatkan apa yang mereka mau, yaitu sebuah perhatian, biasanya mereka nggak akan berhenti sampai titik itu aja tuh. Mereka bisa semakin menjadi-jadi karena egonya sudah termakan. Alhasil, malah kamulah yang semakin lelah menghadapinya, karena ia terus melakukan hal baru untuk mendapatkan sebuah atensi. Maka dari itu, cukup beri mereka perhatian sewajarnya. Jangan sampai kamu menanggapi semua tingkahnya, ya. Karena itu sama aja kamu membuang-buang waktu dan tenagamu.

2. Cuekin kalai capernya udah berlebihan

Kalau ia masih tidak bisa diberitahu melalui kalimat verbal meskipun kamu sudah sangat tegas, maka abaikan saja ketika dirinya sedang memulai dramanya. Cara ini paling manjur agar attention seekers berhenti mencari perhatian.Mereka itu butuh atensi, dan ketika mereka merasa diabaikan lama-lama juga akan lelah dan berhenti sendiri. Mereka bisa merasa sedih dan menganggap kalau kamu bukan orang yang tepat untuk menjadi targetnya.

3. Tegur jika sudah kelewatan

Kalau dicuekin tapi nggak bisa juga? Dia masih tetap membuat onar untuk mendapat perhatian? Mungkin ini saatnya bagi kamu untuk menegurnya. Apalagi kalau sikapnya itu udah mengarah pada menjelek-jelekkan dan menindas orang lain. Kamu harus berani untuk speak up supaya nggak mudah ditindas atau diremehkan olehnya. Kalau kamu nggak suka dan nggak nuaman dengan apa yang dibuatnya, sampaikan aja.

4. Coba untuk jaga jarak

Kalau kamu udah nggak tahan dengan semua tingkah laku yang dibuatnya, maka cara ini harus kamu tempuh. Daripada berpusing-pusing, lebih baik ambil jarak darinya.
Terlalu dekat dengan orang caper bisa mengganggu personal space-mu. Ingat, semakin dekat kamu dengannya, maka semakin besar juga tingkat kebergantungannya padamu. Kalau sudah begini, bukan nggak mungkin setiap drama yang ia buat, namamu bisa terlibat. Nggak mau, kan?

5. Kendalikan diri agar tak terlibat dramanya

Terakhirt, jangan lupa untuk tetap kendalikan dirimu saat berada di sekitar orang caper. Ya, seperti yang kita tahu, para attention seeker biasanya akan mencari segala cara agar bisa menjadi pusat perhatian di depan umum. Nah, kalau kamu tidak mau ia semakin besar kepala dan tingkahnya menjadi-jadi, jangan terlibat dalam dramanya, apalagi sampai mengeluarkan emosi kemarahan.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang yang caper. Menghadapi orang yang suka cari perhatian dan selalu drama, memang kadang sangat melelahkan. Kita mungkin udah berusaha untuk nggak bertemu dengan tipe-tipe seperti ini. Tapi nyatanya pasti ada aja, satu atau dua atau bahkan lebih, orang caper dalam hidup kita. Yang terpenting, selama kamu bisa menjaga jarak, kamu akan baik-baik aja, kok! (Ika)