Pengen Ekspresikan Diri dengan Nyaman Ini 4 Langkah yang Bisa Kamu Lakukan Lho

  • Whatsapp
Ilustrasi mengekspresikan diri. (Dok. freepik)

INDIESPOT.ID, Medan – Dalam keseharian setiap orang sering kali mengekspresikan dirinya sesuai dengan apa yang dirasakan. Keunikan diri yang muncul melalui ekspresi diri telah menjadi semacam amunisi dalam pemenuhan kebutuhan sosial. Apalagi di era media sosial sekarang ini, kemampuan mengekspresikan diri secara tepat itu penting dilakukan. Karena media sosial punya pengaruh besar terhadap kehidupan masing-masing orang.

Tapi rupanya, mengekspresikan diri itu nggak selalu mudah untuk dilakukan. Namun, bukan berarti sulit untuk dijalankan, ya. Kamu bisa ikuti 4 langkah ini, agar dapat mengekspresikan diri dengan tepat dan nyaman.

Bacaan Lainnya

1. Kenali diri sendiri

Langkah pertama dan yang terpenting dilakukan untuk dapat mengekspresikan diri dengan nyaman adalah mengenali diri sendiri atau self-awareness. Dengan mengenali diri sendiri artinya kamu punya kesadaran terhadap pola pikiran, perasaan dan tindakan. Sejatinya ada banyak cara untuk dapat mengenali diri sendiri. Dalam hal mengekspresikan diri secara tepat, kamu bisa mulai dengan mencari tahu kelemahan dan kelebihan diri, serta memahami bidang yang kamu kuasai atau kurang dikuasai.

2. Tekuni kegiatan yang disenangi

Salah satu cara mudah untuk mengekspresikan diri adalah melalui kegiatan yang kita senangi. Untuk itu, setelah mengenal diri sendiri dan mengetahui bidang apa yang dikuasai atau kurang dikuasai, kamu bisa menekuni mana yang disenangi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena bisa jadi kegiatan tersebut berada pada bidang yang kurang kamu kuasai. Ingat, kata kuncinya adalah apa yang kamu senangi, bukan apa yang kamu kuasai.

3. Bebaskan diri dan eksplor kegiatan yang disenangi

Setelah kamu menekuni kegiatan yang disenangi, hingga kamu menguasainya, langkah selanjutnya untuk dapat mengekspresikan diri dengan tepat adalah membebaskan diri dalam menjalani kegiatan tersebut. Kamu bisa mengeksplor kegiatan yang kamu senangi itu. Dengan begitu, nantinya kamu bisa menemukan potensi dan keunikan diri yang nantinya akan sangat membantu dalam mengekspresikan diri dengan tepat.

4. Merawat diri

Tiga hal yang sudah kita bahas di atas merupakan langkah penting agar kamu bisa mengekspresikan diri dengan tepat dan nyaman. Kemudian hal yang gak kalah penting lagi untuk dilakukan adalah merawat diri. Karen dengan begini kamu lebih percaya diri. Nah, kepercayaan diri ini salah satunya bisa diraih atau dipertahankan melalui penampilan yang terbaik lewat pilihan gaya, dan disiplin merawat kesehatan dan kebersihan kulit. Karena lewat penampilan kamu bisa tampil dalam kondisi terbaik untuk melengkapi pilihan gaya dalam mengekspresikan diri.

So, itu dia 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengekspresikan diri dengan tepat dan secara nyaman. Semoga bisa kamu aplikasikan, ya! (Ika)