Menhan Prabowo Temui Pangeran Khalid bin Salman, Bahas Peningkatan Kerja Sama Pertahanan RI-Arab Saudi

  • Whatsapp
Menhan Prabowo Temui Pangeran Khalid bin Salman (Dok. kemhan)

INDIESPOT.ID, Jakarta – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan HRH Pangeran Khalid bin Salman, Senin (7/3), di Riyadh, Arab Saudi. Pertemuan ini membahas upaya peningkatan kerja sama militer dan pertahanan serta isu-isu global dan regional yang menyangkut kepentingan kedua negara.

Dalam pertemuan dengan Pangeran Khalid selaku Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi ini,
dibahas penjajakan potensi kerja sama industri pertahanan serta peningkatan kerja sama pendidikan.

Bacaan Lainnya

Pertemuan Menhan Prabowo dengan Pangeran Khalid merupakan rangkaian kunjungan kerja Menhan Prabowo ke Arab Saudi, yang di antaranya termasuk menghadiri The IISS Riyadh 2022 dan World Defense Show 2022 yang juga diselenggarakan di Riyadh, Arab Saudi.

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo disambut dengan hangat oleh Pangeran Khalid, di mana Menhan Prabowo juga menghadiri undangan makan pagi bersama Pangeran Khalid Bin Salman yang didampingi Panglima Angkatan Bersenjata Saudi Arabia.

Menhan Prabowo Temui Pangeran Khalid bin Salman (Dok. kemhan)

Dalam pertemuan tersebut, Menhan Prabowo dan Pangeran Khalid juga menikmati kopi khas Arab Saudi sambil bertukar pikiran tentang pertahanan.

Kerja sama pertahanan antara Republik Indoensia dan Kerajaan Arab Saudi telah terjalin dengan baik selama ini. Kerja sama tersebut dikukuhkan dengan Defence Cooperation Agreement (DCA) Between the Government of the Republic of Indonesia and the Government of the Kingdom of Saudi Arabia, pada 23 Januari 2014 di Jakarta dan diratifikasi pada tahun 2018.

Dalam bidang pendidikan, Kemhan RI dan Kemhan Arab Saudi telah memiliki program kerjasama pertukaran Perwira sebagai implementasi kerja sama pendidikan dan perlatihan.

Indonesia telah mengirimkan 178 orang untuk mengikuti Pendidikan di Arab Saudi dalam kurun waktu 2014-2022, berupa Sesko Angkatan dan Kursus pencerahan Penanggulangan ekstrimisme.

Sedangkan Arab Saudi telah mengirimkan dua orang untuk mengikuti Sesko TNI dan Sesko Angkatan Darat. Permintaan terkait penambahan seat Sesko di tiap Angkatan pun akan terus ditambah. (Dim/Rel)