PPKM Level III Batal Diterapkan, Bobby Nasution Tunggu Aturan Lanjutan

  • Whatsapp
Ilustrasi PPKM (Dok. Freepik)

INDIESPOT.ID, Medan – Walikota Medan, Bobby Nasution merespon pembatalan pelaksanaan PPKM Level III di seluruh wilayah Indonesia. Mantu Presiden Jokowi itu mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu aturan selanjutnya dari pemerintah pusat terkait Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

“Kita akan menunggu aturan lebih lanjut, dari pemerintah atasan akan kami tunggu petunjuk berikutnya,” sebut Bobby Nasution kepada wartawan, Selasa 6 Desember.

Bacaan Lainnya

Meskipun begitu, ia tetap mengimbau kepada seluruh pelaku usaha di Kota Medan seperti mall, kafe, restoran dan hotel dapat menjalankan usahanya dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Namun yang selalu kami sampaikan pertama sekali adalah tempat-tempat umum seperti restoran, kafe-kafe tetap terapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Bobby menegaskan bahwa peraturan PPKM level II tetap berlaku di Kota Medan. Untuk itu, masyarakat Kota Medan dapat mengikutinya dengan baik.

Ia mengatakan pihaknya masih menunggu petunjuk dan arahan terkait Natura dari Pemerintah Pusat pasca pembatalan PPKM Level III tersebut.

“Aturan PPKM Level II tetap kita terapkan di sini sambil menunggu aturan selanjutnya dari Pemerintah Pusat. Apakah nanti ada aturan tambahan untuk menjelang Nataru ini akan tetap kami ikuti, kami pedomani,” ucapnya.

Bobby mengatakan Pemko Medan pada prinsipnya hanya mengikuti dan menyesuaikan aturan yang dibuat Pemerintah Indonesia untuk dapat dijalankan dengan baik.

“Namun, untuk saat ini aturan PPKM Level II aturan-aturannya ada di situ. Ini masih kita ikuti. Namun nanti untuk aturan-aturan selanjutnya seperti pembatasan pintu-pintu masuk ke Kota Medan ini nanti akan kita tinjau lebih lanjut,” kata Bobby.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pemerintah memutuskan batal menerapkan kebijakan PPKM level 3 pada periode perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 menyeluruh di semua wilayah Indonesia.

Seharusnya, penerapan PPKM Level III diseluruh wilayah Indonesia berlaku sejak 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022, mendatang.

“Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru pada semua wilayah. Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan,” ungkap Luhut dalam keterangan persnya, Selasa 7 Desember.

Luhut menjelaskan, keputusan pembatalan PPKM Level 3 saat Nataru didasari adanya perbaikan yang signifikan dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. (Satria)