Pemko Medan Mulai Normalisasi Parit di 6 Kecamatan Berisiko Banjir

  • Whatsapp
Pemko Medan Mulai Normalisasi Parit di 6 Kecamatan Berisiko Banjir
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Indiespot.id/Humas Pemko Medan)

Indiespot.id-Medan. Pemerintah Kota (Pemko) Medan mulai melakukan normalisasi parit di enam kecamatan di Kota Medan yang rentan berisiko banjir saat musim hujan.

“Saya minta pengorekan dilakukan harus maksimal dan berkelanjutan, sehingga sedimentasi yang terjadi dapat diatasi,” tutur Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution di Medan, Kamis (11/3).

Bacaan Lainnya

Normalisasi parit dilakukan karena banyaknya tanah di dalam parit sehingga mengalami pendangkalan dan mengakibatkan banjir setiap hujan turun.

Enam kecamatan yang dimaksud adalah Medan Amplas, Medan Timur, Medan Denai, Medan Marelan, Medan Perjuangan, dan Medan Area. Pihaknya juga telah menginstruksikan pengorekan massal terhadap Parit Sulang Saling yang melintasi enam kecamatan itu pada Sabtu (13/3).

https://www.instagram.com/p/CMUaWpbFgTU/?utm_source=ig_web_copy_link

Bobby menyampaikan, untuk menangani parit, Pemko Medan tak sekadar melakukan pengorekan tapi juga langkah lainnya. “Penanganan banjir, tidak hanya pengorekan. Tetapi harus dibuatkan juga ‘grand design-nya’, sehingga terpetakan dan langkah-langkah mengatasinya,” ucap Bobby.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan untuk mengerahkan alat berat, dan melibatkan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU).

“Upaya ini juga harus mendapat dukungan penuh dari pihak kecamatan dan kelurahan. Perlu juga diciptakan penanganan yang baik mulai hulunya,” jelas Bobby.