TNI Kerahkan 9.176 Vaksinator untuk Bantu Program Vaksinasi Corona Indonesia

  • Whatsapp
Sinovac Biotech Sebut Vaksinnya Mampu Membentuk Antibodi pada Anak dan Remaja
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Indiespot.id/Unsplash:Hakan Nural)

Indiespot.id-Jakarta. Sebanyak 9.176 prajurit TNI telah disiapkan sebagai vaksinator Covid-19 untuk membantu pemerintah menuntaskan pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam webinar Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit, Sabtu (30/1).

“Tercatat TNI sudah menyiapkan tenaga kesehatannya sebanyak 9.176 vaksinator dari anggota TNI,” kata Hadi, Sabtu (30/1).

Bacaan Lainnya

Hadi memaparkan, jumlah tersebut terdiri dari dokter, perawat, dan bidan di TNI termasuk di dalamnya 164 orang perwira TNI prajurit karir khusus tenaga kesehatan yang baru saja dilantik dan akan langsung diterjunkan.

Para vaksinator telah menjalani proses registrasi dan verifikasi sebelum diterjunkan dalam program vaksinasi. Mereka juga telah mengikuti training of trainer (ToT) vaksinasi Covid-19 secara virtual dan tatap muka yang diikuti oleh sebanyak 345 perwakilan tenaga kesehatan yang merupakan anggota TNI.

Selain vaksinator, TNI juga mengerahkan tenaga pengamanan. Para prajurit diterjunkan mulai dari menegakkan disiplin protokol kesehatan hingga pengawalan vaksin.

“TNI telah mengerahkan personel sebanyak 91.817,” ucap Hadi. “TNI telah menyiapkan personel, materil, dan alutsista untuk mengawal dan mengamankan distribusi vaksin Covid-19 ke daerah-daerah,” imbuhnya.

Panglima TNI berharap dengan penguatan yang dikerahkan ini akan mempercepat pencapaian target pemerintah dalam program vaksinasi nasional. Di mana sebelumnya, pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 kepada 181,5 juta orang. Pemerintah menyatakan siap menuntaskan vaksinasi pada akhir tahun ini. (EA)