Kabar Gembira! Kemendikbud Perpanjang Subsudi Kuota Belajar hingga Mei 2021

  • Whatsapp
Nadiem Tegaskan Pendidikan Agama Tak Akan Dihapus dari Kurikulum
Mendikbud Nadiem Makarim (Indiespot.id/Kemendikbud)

Indiespot.id-Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyampaikan kabar gembira yang mana subsidi kuota internet untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akan diperpanjang hingga Mei 2021.

“Seperti yang kita tahu bantuan subsidi kuota, kabar gembira akan dilanjutkan untuk bulan Maret, April, dan Mei 2021,” kata Nadiem dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR, Rabu (20/1).

Bacaan Lainnya

Selain subsidi kuota, program belajar dari rumah yang tayang di TVRI dan difokuskan ke peserta didik PAUD dan SD akan tetap dilanjutkan dengan waktu tayang 30 menit per program. Program belajar ini akan tayang setiap hari Senin-Jumat.

Sementara itu, pepanjangan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk guru dan dosen masih dibahas oleh pemerintah pusat. Nadiem memastikan akan segera mengabari Komisi X jika sudah ada keputusan final.

“Ini keputusan ada di kabinet dan menunggu arahan Pak Presiden, tapi ini akan segera kita kabarkan. Belum ada keputusan final dan akan segera dikabarkan,” pungkasnya.

Seperti yang diketahui, Kemendikbud sebelumnya telah memberikan subsidi kuota internet selama PJJ. Setiap siswa mendapatkan kuota internet 35 GB per bulan, guru 42 GB, dan mahasiswa-dosen 50 GB.

Berdasarkan data Kemendikbud, tahun lalu subsidi kuota diterima 35.725.387 warga pendidikan mulai dari siswa hingga dosen. Capaian ini tidak memenuhi target yang seharusnya yakni 59,5 juta penerima. (EA)