TNI AL: Baterai dan Casing CVR Black Box Sriwijaya Air JT 182 Ditemukan

  • Whatsapp
Proses pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air JT 182 (Indiespot.id/Instagram: kansar_jakarta)

Indiespot.id-Jakarta. Pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air JT 182 masih terus dilakukan. Terkini, tim pencarian telah menemukan casing dan baterai dari CVR (cockpit voice recorder) black box JT 182.

Body atau casing-nya sudah kita temukan. Baterai atau beacon sudah kita temukan. Tinggal kita mencari memori CVR itu,” kata Panglima Komando Armada (Koarmada) 1 Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid, Jumat (15/1).

Bacaan Lainnya

Untuk itu, pihaknya terus mengerahkan tim mencari keberadaan memori CVR. Ia mengatakan, tim penyelam TNI Angkatan Laut akan kembali turun pada pukul 17.00 WIB.

Rasyid mengatakan, seperti yang disampaikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebelumnya, bagian memori CVR terbuat dari bahan yang tahan banting. Sehingga, ia berharap kondisi memori dapat segera ditemukan dengan kondisi utuh.

“Jadi belum pernah ditemukan tidak utuh, khususnya memori dari CVR,” jelasnya.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I TNI AL, Letkol Laut Fajar Tri Rohadi menduga CVR Sriwijaya Air SJ182 pecah saat insiden, sehingga baru bagian komponen CVR yang ditemukan dan memori CVR masih dalam pencarian.

“Jadi CVR itu pecah sehingga bagiannya yang dicari masih yang memorinya itu, recording-nya, bagiannya (CVR) yang ketemu, bukan memorinya,” ucap Fajar, dikutip dari detik.com.

Sebelumnya, FDR atau flight data recorder black box SJ182 lebih dulu ditemukan pada Rabu (13/1). Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan file FRD telah diunduh dan sedang dianalisis. Saat ini ada 330 parameter yang tengah dipelajari. (EA)