KPK Tahan Mensos Juliari Batubara dan Kepala Biro Umum Kemensos

  • Whatsapp
KPK (Indiespot.id/KPK RI)

Indiespot.id-Jakarta. Penyidik KPK resmi menahan Menteri Sosial Juliari Batubara. Setelah melakukan penyelidikan hampir selama 13 jam, Juliari akan ditahan selama 20 hari untuk kepentingan pemeriksaan kasus korupsi dana bantuan sosial Covid-19.

“Kini kami menyampaikan khususnya penahanan tersangka JPB Mensos pada proyek pengadaan bansos tahun 2020 di Kemensos RI,” kata Ketua KPK Firli Bahuri saat konferensi pers, Minggu (6/12).

Bacaan Lainnya

Selain Juliari, Firli mengatakan, pihaknya juga menahan pejabat pembuat komitmen Kemensos Adi Wahyono (AW) yang juga menjadi tersangka dalam kasus ini.

“Saudara JPB dan AW patut diduga telah melakukan korupsi, maka KPK telah melakukan penahanan kepada dua orang tersangka selama 20 hari terhitung 6 Desember sampai 25 Desember,” jelas Firli.

Konferensi Pers Penahanan Menteri Sosial Juliari Batubara terkait korupsi dana bansos pandemi Covid-19 (Indiespot.id/YouTube: KPK RI)

Juliari akan ditahan di Rumah Tahanan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur, Jakarta Selatan, sedangkan Adi  ditahan di rutan Polres Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Juliari menyerahkan diri ke KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka korupsi bantuan sosial dalam penanganan pandemi Virus Corona. Ia tiba di KPK pada Minggu (6/12) sekitar pukul 02.45 dini hari. Sementara Adi baru menyerahkan diri ke KPK pada Minggu pagi sekitar pukul 09.00 WIB. (EA)