DHD 45 Usulkan Lapangan Merdeka Medan Dikembalikan Jadi Cagar Budaya

  • Whatsapp
Gubsu Edy Rahmayadi bersama DHD 45 saat berkunjung di rumah dinas Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro. (indiespot.id/Humas Sumut)

Indiespot.id-Medan, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (DHD 45) Sumut mengusulkan kepada Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi untuk mengembalikan situs peninggalan sejarah yang ada di Sumut, salah satunya Lapangan Merdeka Medan.

Sekretaris DHD 45 Eddy Sofyan pada pertemuan itu menyampaikan beberapa poin rekomendasi pada Gubernur Sumut, yakni Lapangan Merdeka agar difungsikan sesuai dengan sejarahnya yaitu sebagai situs cagar budaya, sebagai jejak sejarah proklamasi dan kawasan hijau.

Bacaan Lainnya

“Karena tanggal 6 Oktober 1945 di situ dibacakan teks proklamasi kembali perintah Bung Karno pada Gubernur Provinsi Sumatera pertama Teuku Muhammad Hasan di Lapangan Merdeka Medan. Kepada Pak Gubernur agar dapat dibentuk Tim Cagar Budaya dan ditetapkanlah itu berdasarkan Keputusan Walikota atau Keputusan Gubernur,” ujar Eddy, dirumah Dinas Gubernur Sumut.

Eddy juga mengusulkan kepada Gubernur untuk segera menetapkan nama-nama jalan di Kota Medan dengan mengabadikan nama-nama pahlawan di Sumut. Di antaranya, Sultan Muhammad Amin Nasution atau dikenal dengan SM Amin, yang baru saja dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, oleh Presiden RI Joko Widodo. (E4).