Hari Ini Jokowi Bagikan 1 Juta Sertifikat Tanah ke Warga di 31 Provinsi

  • Whatsapp

Indiespot.id-Jakarta. Memperingati hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2020, Presiden Jokowi membagikan 1 juta sertifikat tanah kepada masyarakat Indonesia secara virtual dari Istana Negara, Jakarta pada Senin (9/11).

“Dalam rangka bulan agraria dan tata ruang hari ini, saya akan membagikan 1 juta sertifikat tanah pada masyarakat di 31 provinsi dan 201 kabupaten/kota,” kata Jokowi.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan ada peningkatan sertifikat yang dibagikan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun. Jokowi mendengar jumlah sertifikat tanah yang diterbitkan dalam setahun hanya berkisar 500 ribu. Sementara, total sertifikat yang harus diterbitkan ada 126 juta.

“Kalau kita hitung, kalau setahun hanya 500 ribu, untuk seluruh sertifikat dari setiap bidang yang dimiliki masyarakat di seluruh tanah air, itu butuh waktu 160 tahun. Sertifikat baru jadi 160 tahun. Bapak Ibu mau? Menunggu 160 tahun?” tanya Presiden.

Berkaca dari sana, Jokowi ingin melakukan perubagan dengan menyusun sejumlah target pembuatan sertifikat tanah dipercepat. Ia pun mengatakan, setiap tahunnya terjadi peningkatan yang cukup baik dalam pembuatan sertifikat tanah.

Sehingga masyarakat di seluruh Indonesia bisa memiliki sertifikat yang menjadi kepastian hukum atas lahan yang mereka miliki.

“Saya ulang lagi, tahun 2017 kita sudah bisa keluarkan 5,4 juta bidang, 5,4 juta sertifikat. Dari yang sebelumnya 2015 ada 500 ribu. Naiknya di 2016, 1,1 juta. Masih dua kali, ndak mau saya. Saya mau sepuluh kali. Bisa keluar 5,4 juta di 2017. Artinya kita bisa,” kata Jokowi.

“2018 saya beri target lagi 9,3 juta bisa keluar. Bisa keluar 9 juta, keluarnya 9,3 juta. Tahun 2019, saya beri target 9 juta keluarnya 11,2 juta sertifikat,” imbuhnya.

Jokowi menyebut sertifikat tanah bisa menjadi jaminan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan modal usaha. Tentunya, sertifikat itu harus digadaikan di bank agar modal usaha bisa dicairkan. (EA)