Suwarno, Pedagang Kelapa Sukses Hantarkan Anaknya Menjadi Sarjana dan Atlet

  • Whatsapp
Suwarno, istri, dan keempat anaknya (Indiespot.id/Istimewa)

Indiespot.id-Medan. Orang tua mana yang tak bangga jika anaknya mampu mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Bagaimanapun caranya, tiap orang tua pasti akan berjuang mati-matian agar anaknya hidup lebih layak dan sukses.

Begitu pula dengan Suwarno, pedagang kelapa di Pasar Petisah, Medan. Ia berhasil menghantarkan putra-putrinya, Selly Pertiwi dan Muhammad Alvi Syahri lulus di perguruan tinggi tepat waktu dengan predikat cumlaude.

Bacaan Lainnya

“Saya bersyukur, Alhamdulillah. Sebab latar belakang saya yang pedagang kelapa ternyata mampu mengantar anak saya lulus perguruan tinggi,” kata Suwarno.

Kini, putri sulungnya, Selly berhasil meraih gelar S.I.Kom dari Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang. Sementara Alvi, anak keduanya lulus dari jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik USU dan menyandang gelar S.Ars.

Suwarno menuturkan, anak sulungnya itu tak membebani ia dan istri selama berstatus mahasiswa. Selly merupakan mahasiswi yang mendapat beasiswa 100 persen, ia bahkan bekerja paruh waktu sebagai fotografer di PB Jaya Raya.

Sementara sang adik, aktif mengikuti lomba-lomba semasa kuliah. Alvi pernah meraih Juara III Sayembara Desain Arsitektur 2019 Pusat Kreatif dan Informasi Pariwisata di Bali dan Juara III Sayembara Desain Arsitektur 2019 Pusat Kreatif dan Informasi Pariwisata pada Desember 2019 di Bali.

Tak kalah dengan kedua kakaknya, anak ketiga Suwarno, Muhammad Satria merupakan atlet junior binaan PB Jaya Raya, klub bulutangkis milik Pemprov DKI Jakarta. Berstatus atlet, kini Satria tak lagi membebankan biaya pendidikan kepada kedua orang tuanya.

Satria pun berhasil meraih berbagai prestasi di bidang bulutangkis hingga ke tingkat Asia. Pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019 lalu, ia berhasil menyumbangkan dua medali perak untuk Sumatra Utara dari nomor tunggal dan ganda campuran.

Adinda Nabila, putri bungsunya yang masih duduk di bangku SMP, kini tampak mengikuti jejak kakaknya dengan mempelajari fotografi. Suwarno mengatakan, putri bungsnya itu juga mulai aktif mengikuti kompetisi fotografi.

Suwarno berharap, ilmu yang diperoleh keempat anaknya dapat berguna untuk dirinya masing-masing dan juga sekitarnya.

“Semoga ilmu yang didapat anak-anak kami bisa berguna bagi diri sendiri, orang terdekat dan negara,” pintanya. (EA)