Per 4 Oktober, Arab Saudi Buka Kembali Ibadah Umrah

  • Whatsapp
Penyelenggara Haji dan Umrah Minta Pemerintah Prioritaskan Vaksinasi Jemaah Tahun Ini
Ilustrasi Ibadah Umrah (Indiespot.id/Dea)

Indiespot.id-Jakarta. Arab Saudi mengumumkan akan kembali mengizinkan pelaksanaan ibadah umrah. Pembukaan ini tentunya dengan mematuhi syarat dan protokol kesehatan yang diterapkan otoritas Saudi.

Dilansir dari Saudi Press Agency, Kementerian Dalam Negri Saudi mengungkapkan, pembukaan ibadah umrah ini akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama akan dimulai pada 17 Safar 1442 H atau 4 Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

Di tahap pertama nanti, yang diperizinkan untuk melaksanakan umrah hanyalah warga negara dan ekspatriat dari dalam Kerajaan dengan kapasitas 30% atau 6 ribu orang per hari. Para jamaah akan dibagi dalam 12 kelompok setiap 24 jam.

Kapasitas umrah harian baru akan ditingkatkan menjadi 75% atau 15 ribu jamaah per hari setelah dua pekan, 18 Oktober 2020. Di mana yang diperizinkan masih sama, yakni edua, warga negara dan ekspatriat di Kerajaan. Mereka juga diperizinkan mengunjungi Rawdah di Masjid Nabawi di Madinah, sholat di Dua Masjid Suci.

Sementara di tahap terakhir yang akan dibuka pada 1 Nopember, Saudi mengizinkan jamaah umrah dari sejumlah negara khusus yang dianggap aman, dengan kapasitas 100% hingga berakhirnya pandemi.

Menteri Haji dan Umrah, Mohammed Saleh Benten mengungkapkan setiap prosedur pendaftaran dilakukan secara digital. Calon jemaah bisa mengunduh aplikasi yang telah dibuat Kementerian yakni Eatmarna.

Selama menjalankan ibadah, para jemaah wajib menjaga jarak, dan hal yang sama juga diterapkan kepada jemaah haji. Saleh menjelaskan ada patokan usia yang boleh melangsungkan ibadah.

“Kami juga menetapkan kelompok usia 18-65 tahun. Bagi yang tidak mampu berjalan akan disediakan kursi roda agar bisa melakukan tawaf dan sa’i, namun gerakan tawaf mereka akan konstan,” ujarnya seperti dikutip dari Arab News, Selasa (29/9). (EA)