Tak Perlu Khawatir Kolesterol Naik Setelah Lebaran, Seimbangkan dengan Konsumsi 7 Makanan Berikut

  • Whatsapp
(Indiespot.id/Pexels)

Indiespot.id-Medan. Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban di mana mengonsumsi segala olahan daging merah dari sapi dan kambing seperti rendang, sop, dendeng, dan lainnya menjadi meningkat di momen ini.

Meski menu makanan akan didominasi oleh daging merah yang menyehatkan tubuh, namun tetap perlu diperhatikan porsinya sebelum dampak buruk akan terjadi pada tubuh. WHO mengklasifikasikan daging merah sebagai karsinogenik atau zat yang menyebabkan penyakit kanker bagi manusia.

Bacaan Lainnya

Selain itu, konsumsi daging merah secara berlebihan juga meningkatkan risiko kolesterol jahat atau LDL meningkat. Untuk mengantisipasi kenaikan kolesterol setelah Idul Adha, kamu dapat menyeimbanginya dengan makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

Apa saja? Berikut Indiespot rangkum dari Harvard Health Publishing, 7 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

1. Oatmeal

Oatmeal (Indiespot.id/Pexels)

Oatmeal kaya akan serat larut yaitu jenis serat yang dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh. Serat larut dan asam linoleat pada oatmeal diketahui juga dapat mengurangi kadar trigliserida dalam tubuh yang mana dapat menghindari tubuh dari penyakit berat seperti serangan jantung dan stroke.

2. Kedelai

Kedelai (Indiespot.id/Pexels)

Kedelai diketahui mengandung isoflavon yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sebuah studi juga menyebutkan jika susu kedelai sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang mengalami kolesterol tinggi karena susu kedelai dapat menurunkan LDL (Kolesterol jahat) dan menaikkan HDL (Kolesterol baik) dengan cukup cepat.

Selain itu, kedelai juga dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh dari makanan yang kamu konsumsi.

3. Roti Gandum

Roti Gandum (Indiespot.id/Pexels)

Roti gandum kaya akan serat yang mampu menurunkan LDL dan meningkatkan kadar HDL serta menurunkan jenis lemak darah yang disebut dengan trigliserida saat meningkat. Seporsi sarapan gandum bisa memberikan hingga 1-2 gram serat yang larut dalam air, yang bisa ditambah dengan buah-buahan seperti pisang atau buah beri untuk kandungan serat ekstra.

4. Alpukat

Alpukat (Indiespot.id/Pexels)

Alpukat mengandung lemak tidak jenuh (monounsaturated fats) dan serat yang dapat menurunkan LDL dan menaikkan kadar HDL. Jika kamu menginginkan penurunan kolesterol yang lebih cepat, alpukat bisa diblender dengan air rebusan daun salam yang sudah didinginkan.

Selain mengonsumsinya sebagai jus, kamu juga bisa memakan alpukat sebagai buah maupun menjadikannya sebagai campuran salad.

5. Ikan dan Asam Lemak Omega-3

Ikan Salmon (Indiespot.id/Pexels)

Ikan yang banyak mengandung minyak dan kandungan asam lemak Omega 3 sangat efektif dalam mengurangi kadar trigliserida, sekaligus mengurangi risiko tekanan darah dan  penggumpalan darah. Tambahkan menu ikan seperti salmon, tuna dan makarel agar tubuh memperoleh asupan asam omega 3. Asam omega 3 mampu meningkatkan kadar HDL pada tubuh.

6. Apel

Apel (Indiespot.id/Pexels)

Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin di mana dapat membantu menurunkan LDL. Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu buah apel atau lebih sehari dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel.

Selain apel, buah yang kaya akan pektin ialah jeruk, anggur, dan stroberi.

7. Kacang-Kacangan

Kacang Almond (Indiespot.id/Pexels)

Mengonsumi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kenari, dan jenis kacang lainnya dapat membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterol di dalamnya mampu menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam darah. Makan 2 ons kacang sehari dapat sedikit menurunkan LDL hingga sekitar 5%.

Nah itu dia 7 makanan yang bisa membantumu mengendalikan kadar kolesterol setelah momen lebaran. Semoga membantu! (EA)

 

Pos terkait