Dinkes Sumut: Vaksinasi Tahap II Siap Sasar 300 Ribu Petugas Publik Hingga Lansia

  • Whatsapp
Dinkes Sumut: Vaksinasi Tahap II Siap Sasar 300 Ribu Petugas Publik Hingga Lansia
Vaksinasi tenaga kesehatan lansia di RSUP H Adam malik Medan. (Indiespot.id/Instagram: rsupham)

Indiespot.id-Medan. Vaksinasi Covid-19 Tahap II Sumut akan dilaksanakan pada awal Maret 2021. Di mana jumlah penerima vaksin sekitar 300 ribu orang dengan sasaran para petugas publik hingga lanjut usia (lansia).

“Sasarannya sekitar 300 ribu orang. Jumlah itu sesuai dengan vaksin yang kita terima,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan di Medan, Jumat (26/2).

Bacaan Lainnya

Adapun para petugas publik yang menerima vaksin di tahap II ini meliputi para ASN, personel TNI/Polri, serta para pekerja publik seperti guru, jurnalis, pegawai bank, dan Anggota DPRD. Termasuk pula lansia di atas 60 tahun.

Vaksinasi tahap II akan dilangsungkan dii 33 kabupaten/kota di Sumut. Khusus untuk lansia, prosesnya hanya dilaksanakan di Kota Medan.

Terima 237.720 Dosis Vaksin Covid-19, Proses Vaksinasi Tahap II di Sumut Dimulai Awal Maret
Dinas Kesehatan Sumut terima 237.720 dosis vaksin Covid-19 di Posko Satgas Penanganan Covid-19 Sumut. (Indiespot.id/Humas Sumut)

“Nama-nama dan alamat penerima sudah ada. Baru nanti akan ditunjuk faskes pelaksananya yang mana,” imbuhnya.

Berbeda dengan proses vaksinasi tahap I yang ditujukan pada tenaga kesehatan, vaksinasi kali ini hanya diberikan kepada kelompok penerima yang aktif melakukan pendaftaran. “Kalau enggak daftar ya enggak masuk, ini prosesnya sedang berlangsung. Karena kita kan Jakarta yang menentukan ini,” jelasnya.

Untuk diketahui, perusahaan atau kolektif harus mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kesehatan Pemprov Sumut, sedangkan untuk lansia bisa menggunakan aplikasi ponsel pintar Peduli Lindungi atau juga website pedulilindungi.id.

“Banyak pintu masuknya untuk mengakses pendaftaran vaksinasi tahap kedua ini, ada aplikasi, website, bisa juga melalui medan.kemenkes.go.id atau KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi). Jadi, setelah registrasi sukses akan ada pemberitahuan kapan dan kemana pendaftar akan diberi vaksin,” terang Alwi. (EA)

 

 

 

Pos terkait