Poldasu Tangkap Komplotan Pencurian Brankas Koperasi dan ATM Antar Provinsi

  • Whatsapp
Ilustrasi. (indiespot.id/freepik)

Indiespot.id-Sumut, Polda Sumut mengungkap komplotan perampok spesialis brankas koperasi dan ATM antar provinsi. Ke empat pelaku yakni Tunggul Sihombing (50) warga Kabupaten Simalungun, Thamrin Ompu Sunga (48), Mulia Pakpahan (45), dan Toni Warianto Sihotang (38) yang masing-masing warga Kabupaten Deli Serdang.

Kasubdit III/Jatanras Dirkrimum Polda Sumut Kompol Taryono mengatakan, dari ke empat pelaku yang berhasil diamankan, salah seorang pelaku lainnya yang bernama Juntak Brewok masih dalam kejuaraan petugas.

Kata Taryono, kasus ini terbongkar setelah polisi menyelidiki perampokan di Kantor Koperasi CU Rapsaurma, Desa Pematang Panjang Kecamatan Air Putih, Kabupaten Deli Serdang, Senin (21/9), sekira 03.00 WIB. Saat beraksi, ke empat pelaku mematikan bohlam di halaman koperasi terlebih dahulu.

“Selanjutnya para pelaku menyekap dan mengikat serta memukul kepala security, seorang pelaku juga menyamar menggunakan seragam satpam di depan koperasi, agar tidak dicurigai masyarakat.  ujar Taryono, Kamis (15/10).

Ke empat pelaku komplotan perampok spesialis brankas koperasi dan ATM saat di introgasi petugas. (indiespot.id/istimewa)

Para pelaku berhasil membawa sejumlah uang yang ada di dalam brankas koperasi tersebut, dengan menggunakan tas warna hitam. Akibat kejadian tersebut, koperasi mengalami kerugian uang, senilai Rp 520.371.000.

Taryono menambahkan, para pelaku komplotan tersebut berhasil ditangkap di provinsi berbeda, Tunggul dan Mulia ditangkap di Sumatera Selatan, sedangkan Thamrin DAN Toni ditangkap di Medan.

“Dari ke empat pelaku juga dilakukan tindakan tegas terukur (tembak),  lantaran tersangka mencoba menyerang petugas, Selanjutnya para tersangka dibawa Ke Rumah Sakit Brimob untuk diberikan pertolongan,” ujar Tariyono. (E4)