Inggris Sumbang 1 Juta Poundsterling Untuk Penanganan Covid-19 di ASEAN

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab bersama Menlu RI (Indiespot.id/Kemlu RI)

Indiespot.id-Jakarta. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama Menteri BUMN Eric Thohir, dan pejabat terkait melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab di London, Inggris.

Pertemuan itu dilakukan untuk mempererat kerja sama baik secara bilateral maupun dalam konteks multilateral di tengah pandemi COVID-19.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan itu juga, Inggris menyumbang 1 juta poundsterling (sekitar Rp19 miliar) untuk ASEAN COVID-19 Response Fund guna membantu negara-negara di Asia Tenggara memerangi pandemi tersebut.

“Untuk ASEAN, Inggris menyampaikan komitmen satu juta pound sterling untuk ASEAN COVID-19 Response Fund,” kata Menlu Retno dalam press briefing Kemlu secara virtual, Rabu (14/10).

Menlu menyampaikan, Inggris merupakan mitra strategis Indonesia sejak tahun 2012, Inggris juga menjadi mitra investasi kedua terbesar di Eropa.

“Kerjasama internasional sebagai salah satu bentuk dukungan Indonesia terhadap penyediaan akses vaksin bagi Indonesia,” lanjut Menlu.

Lebih lanjut, Menlu Raab menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan kerja sama dengan ASEAN, bahkan setelah COVID-19. Beberapa contoh kerja sama yang ingin diperkuat antara lain di bidang pengentasan kemiskinan, perjanjian perdagangan bebas, dan perubahan iklim. (EA)

 

 

Pos terkait