5 Alasan Mengapa Pria Sulit Terbuka Jika Menyangkut Perasaannya

  • Whatsapp
(Indiespot.id/Pexels)

Indiespot.id-Medan. Selain kepercayaan, banyak orang bijak mengatakan hubungan juga dilandaskan oleh keterbukaan. Tak memandang waktu, banyak juga yang telah menjalin hubungan bertahun-tahun namun tetap saja belum bisa terbuka.

Dibandingkan wanita, hal ini biasanya terjadi pada pria. Bahkan ketika merasa sedih ataupun sedang ada masalah, mayoritas pria cenderung diam dan tak terbuka dengan perasaannya. Mengapa?

Bacaan Lainnya

Berikut Indiespot rangkum dari Bolde, 5 alasan mengapa pria sulit terbuka dengan perasaannya.

1. Ingin Terlihat Jantan.

Ingin Terlihat Jantan (Indiespot.id/Pexels)

Tak sedikit lelaki tumbuh dengan didikan yang menjadi kultur bahwa laki-laki tidak boleh menunjukkan emosi. Streotipe itu meyebutkan laki-laki akan terlihat lemah dan kurang maskulin bila mereka memperlihatkannya.

Oleh karena itu, para lelaki selalu menyembunyikan emosinya, ketika mereka tumbuh dewasa akan sangat sulit untuk terbuka mengenai perasaannya.

2. Lebih Ingin Menunjukkan Aksi daripada Kata

Lebih Ingin Menunjukkan Aksi daripada Kata (Indiespot.id/Pexels)

Dibandingkan kata-kata, pria lebih suka membuktikan lewat tindakan nyata. Perempuan juga akan lebih senang jika ucapan “aku rindu kamu” dibalas dengan kehadirannya di lokasi kita daripada dengan “aku juga rindu”, namun tidak ada pembuktian.

Jangan paksa dia untuk menjadi ekspresif dalam kata-kata, namun jika dia sudah menunjukkan melalui tindakan nyata, maka itu lebih dari cukup.

3. Memiliki Pengalaman Buruk di Masa Lalu

Memiliki Pengalaman Buruk di Masa Lalu (Indiespot.id/Pexels)

Kenangan bisa menjadi hal yang berpengaruh kuat pada kehidupan masa kini dan masa datang. Sebagian lelaki menganggap masa lalu merupakan suatu pelajaran sehingga tidak apa untuk dibagi. Namun untuk sebagian lainnya, masa lalu mereka merupakan sesuatu rahasia yang harus disimpan rapat-rapat.

Jika pasanganmu adalah orang yang menyembunyikan masa lalunya dan belum bisa terbuka padamu. Maka, solusi terbaik adalah dengan tidak terlalu kepo. Kamu bisa menunggunya untuk siap menceritakannya.

4. Takut Dihakimi

Takut Dihakimi (Indiespot.id/Pexels)

Pria dengan ketakutan seperti ini akan berpikir bahwa tidak perlu melakukan segala sesuatu dan terbuka secara emosional pada wanita yang belum lama dikenal. Dia takut dinilai buruk ketika terlalu terbuka dan takut ada sesuatu yang tidak disukai oleh wanitanya.

5. Dia Belum Mempercayaimu

Dia belum Mempercayaimu (Indiespot.id/Pexels)

Menumbuhkan rasa percaya butuh waktu dan praktik. Tak semua orang bisa langsung percaya begitu saja terhadap orang lain. Begitu juga dengan pria, mereka akan lebih terbuka dengan seseorang yang dipercayai.

Pria tidak akan melakukannya dengan sembarang orang. Perlu ada tingkat kenyamanan berbicara dengan orang itu dan berada di sekitarnya. Namun tak menutup kemungkinan jika kalian lebih lama kenal, dia tidak takut lagi untuk terbuka denganmu.

Nah itu dia 5 alasan mengapa pria sulit terbuka perihal perasaannya. Semoga dapat membantu hubunganmu dan pasangan ya! (EA)

Pos terkait