Bersepeda Kembali Menjadi Tren, Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatanmu

  • Whatsapp
Manfaat bersepeda (Indiespot.id/Pexels)

Indiespot.id-Medan. Banyak tren yang hadir di tanah air selama pandemi corona menerpa. Belakangan ini, bersepeda kembali menjadi gaya hidup sehat yang diterapkan baik di kalangan anak muda maupun orang tua.

Bersepeda terbukti bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yang mana sangat dibutuhkan untuk mencegah diri dari penularan virus corona. Hal itu dikarenakan naik sepeda termasuk olahraga aerobik yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah.

Bacaan Lainnya

Selain baik untuk daya tahan tubuh, banyak manfaat lain lho yang bisa kamu dapati dengan bersepeda. Apa saja?

1. Meningkatkan Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah.

Meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah (Indiespot.id/Freepik)

Dikutip dari Hellosehat, Bersepeda secara teratur akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Hasil studi di Denmark juga menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

2. Mengurangi Stres

Bersepeda dapat mengurangi stres (Indiespot.id/Freepik)

Jika kamu mulai jenuh karena karantina mandiri, alternatif baik yang dapat kamu lakukan ialah dengan naik sepeda. Bersepeda dapat menjaga keseimbangan hormon di otak seperti endorfin dan dopamin yang dapat membuat mood menjadi stabil.

“Karena orang-orang yang WFH itu kan stress, depresi karena di rumah saja. Jadi kalau melakukan latihan fisik seperti bersepeda muncul hormon dan zat-zat yang bisa menimbulkan rasa senang,” ucap dr. Andhika Raspati, Dokter Timnas Balap Sepeda Indonesia dikutip dari CNN Indonesia.

3. Mengendalikan Berat Badan

Mengendalikan berat badan (Indiespot.id/Freepik)

Jika kamu sedang diet, bersepeda akan membantumu untuk menurunkan berat badan. Sepeda merupakan salah satu latihan cardio yang dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh.

“Bersepeda sangat dianjurkan untuk orang-orang yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan akibat WFH. Bersepeda merupakan olahraga yang low impact atau minim hentakan sehingga cocok untuk orang yang mengalami obesitas karena minim efek samping ke anggota tubuh bagian bawah seperti lutut dan engkel,” tutut dr. Andhika Raspati.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Mengurangi risiko diabetes (Indiespot.id/Pexels)

Salah satu penyebab diabetes ialah kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan seseorang. Kamu dapat menghindari risiko terkena penyakit tersebut dengan bersepeda. Sebuah studi di Finlandia menunjukkan bahwa bahwa orang yang bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

5. Meredakan Nyeri Haid

Meredakan nyeri haid (Indiespot.id/Pexels)

Bagi perempuan yang sering merasakan nyeri saat datang bulan, bersepeda dapat menjadi solusi bagus untuk kamu lakukan. Dilansir dari Halodoc, bersepeda secara rutin dapat melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot di seluruh tubuh. Aktivitas ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena menstruasi.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari olahraga sepeda. Tapi di tengah pandemi sekarang ini, kamu tetap harus memerhatikan protokol kesehatan jika akan melakukan olahraga satu ini. Pastikan tubuh dalam keadaang fit, bersepeda dalam intensitas ringan, menggunakan masker, dan hindari keramaian. (EA)