Artis Hollywood Ikut Suarakan Protes Atas Kematian George Floyd

  • Whatsapp
(Indiespot.id/Instagram: Keremyucul/AFP)

Indiespot.id-Medan, Nama George Floyd menjadi perbincangan warganet setelah video insiden kematiannya beredar di dunia maya, pada Senin (25/05). Dalam video tersebut tampak leher pria berkulit hitam ini ditindih seorang polisi hingga ia tak bisa bernapas.

Insiden yang terjadi di Minneapolis, Minnesota, Amerika Serikat ini berujung pada aksi protes di Minneapolis dan melumpuhkan hampir seluruh kota. Tak hanya warga setempat, sederet artis papan atas Hollywood juga ikut menyuarakan protes dan simpati atas kematian George Flyod.

Bacaan Lainnya

Justi Bieber pada laman Instagram pribadinya mengunggah video tersebut dan menyuarakan pendapatnya. Menurutnya, perlakuan tidak adil atas warga berkulit hitam harus segera dihentikan.

“Hal ini membuatku muak. Aku marah karena pria ini tewas. Ini membuatku sedih. Rasisme itu jahat! Kita harus menyuarakan ini. Maafkan aku, George Floyd,” tulis Bieber.

Bintang Star Wars John Boyega pun mengutarakan kemarahannya di Twitter. Dalam akun pribadinya, ia menuntut pelaku yang menyebabkan kematian George Floyd dihukum setimpal.

“Tampaknya ini menjadi siklus yang tidak pernah berakhir. Pembunuhnya harus mendapat hukuman berat. Bahkan saat menghadapi kematian pun pria ini (George) tak diberikan empati sedikit pun,” kata Boyega.

Hal senada juga diungkapkan Gigi Hadid dalam akun Twitter pribadinya. Ia menginginkan para pelaku segera dipenjarakan.

“Mereka harus diusut. Ini terlalu sering terjadi. Satu-satunya cara mengubah kondisi ini adalah dengan memenjarakan para pembunuh rasis ini,” tulisnya.

Rapper Cardi B juga mengunggah foto George Floyd di Instagram dan menuliskan jika ia lelah terhadap rasis di Amerika dan mengatakan perbuatan sang polisi sangat pengecut.

 

“Cukup, sudah cukup! Harus terjadi apa supaya ini berakhir? Perang sipil? Presiden baru? Kerusuhan? Ini melelahkan! Aku lelah! Negara ini lelah! Anda tidak membuat orang takut ketika Anda melakukan ini, Anda hanya menunjukkan betapa pengecutnya ANDA! Dan bagaimana Amerika sebenarnya bukan tanah yang bebas!” ungkap sang rapper.

Begitu pula dengan Demi Lovato, pada lama Instagramnya ia mengunggah foto dengan tulisan yang penuh makna, “Aku lelah mengucap ‘beristirahat dengan tenang.’ Aku harap orang kulit hitam bisa hidup dengan tenang”.

Di kolom caption, penyanyi ini juga menuliskan bahwa kekerasan ini tak akan pernah berhenti sampai semua orang ikut bahu-membahu menyelesaikannya. orang kulit putihlah yang seharusnya bersuara paling keras.

Banyak artis lainnya yang juga ikut menyuarakan pendapatannya atas insiden tragis yang dialami pria berkulit hitam ini. Mereka di antaranya adalah Nick Jonas, Bella Hadid, Kelly Rowland, Ciara, Beyonce, hingga Taylor Swift.

Peristiwa ini bermula dari laporan toko kelontong yang mengatakan bahwa ada orang yang bertransaksi dengan alat pembayaran palsu sebesar $20. Melalui laporan dan ciri-ciri yang diberikan, George Floyd pun ditangkap.

Penangkapan Floyd itu terekam dalam sebuah video yang kemudian viral. Dalam video tersebut, tangan Floyd diborgol dan kemudian dijatuhkan ke aspal oleh polisi. Tak hanya itu, polisi berkulit putih yang diketahui identitasnya bernama Derek Chauvin juga menginjak leher Floyd hingga ia sulit bernapas.

Pemuda keturunan Afrika-Amerika ini pun beberapa kali meminta polisi untuk mengangkat lututnya. “Kumohon, aku tak bisa bernapas,” kata dia. Saksi mata yang suaranya terekam video terdengar memprotes sikap petugas, ada pula yang meminta petugas mengecek denyut nadi pria ini. Floyd kemudian dibawa ke rumah sakit dan di sana ia dinyatakan meninggal dunia. (EA)

Pos terkait